Thursday, November 01, 2007

Halal Bihalal 1428 H TDA & ULTAH BAIHAQI ke-1

Alhamdulillah,


Akhirnya masih sempat mendaftar untuk acara HBH TDA, sebelum akhirnya ditutup karena peserta yang dibatasi 50 orang. HBH tahun lalu, saya tidak bisa ikut karena baru saja melahirkan anak ke-2 saya. Alhamdulillah...sebentar lagi (3 November 2007), Baihaqi sudah memasuki umur 1 tahun.

Seakan waktu berjalan begitu cepat. Rasanya baru saja saya menulis di blog ini saat habis melahirkan, dengan judul "My Baby was Born"

Setelah hampir setahun melahirkan, bersyukur berat badanpun cepat kembali normal sama persis seperti sebelum hamil. Tidak ada resep spesial ataupun diet yang saya lakukan. Semua wajar-wajar saja. Saya hanya makan secara normal/tidak berlebihan & tetap mengkonsumsi susu khusus untuk Ibu menyusui agar produksi ASI tetap lancar dan terjaga kualitasnya. Saya akui, memberikan ASI ternyata sangat membantu proses penurunan berat badan. Karena ASI yang dikonsumsi bayi akan mengambil jatah dari lemak-lemak yang ada dalam tubuh Ibu. Dengan catatan, porsi makan Ibu normal saja atau tidak perlu berlebihan, yang penting dijaga kecukupan gizinya. Jangan sampai mentang-mentang karena menyusui, kemudian "mengumbar" pola makan karena alasan cepat lapar setelah menyusui. Atau alasan "kan yang diberi makan 2 orang" ;)

Target saya setelah berhasil memberikan ASI Exclusive kepada Baihaqi selama 6 bulan, yaitu tetap memberikan ASI sampai umur 2 tahun disamping makanan lainnya. Bersyukur saya menjadi Work at Home Mom (WAHM), sehingga target-target saya lebih mudah dilaksanakan. Beda seperti saat saya masih bekerja kantor dulu. Saya pribadi sudah mencoba, katanya tetap bisa menyusui anak meski kita tetap bekerja di luar. Tapi, pada praktek di lapangan sangat sulit sekaliiii..... Apalagi dengan kehidupan pekerja di Jakarta yang semua serba terburu-buru. ASI yang diberikan langsung kepada bayi tentunya beda dengan ASI yang disimpan. Dengan diberikan langsung, semakin memperlancar produksi ASI. Waktu masa menyusui Alif dulu, akhirnya saya menyerah memberikan ASI setelah tidak ada lagi produksi ASI sebelum Alif memasuki umur 1 tahun.

Kembali ke HBH TDA, senang sekali bisa bertemu kembali dengan teman-teman TDA. Apalagi saat saya membaca artikel TDA di Nova & ada foto TDA (seperti yang ada di milis) saat Tour ke Bandung bulan Februari 2006 lalu. Serasa mengingat kembali masa-masa awal TDA.

Foto Atas: Foto bersama pemilik pabrik kaos JAIL, saat tour TDA ke Bandung.

Saat itu memang saya aktif di setiap kegiatan TDA & terlibat penuh di kepanitiaan. Tapi, setelah melahirkan anak ke-2, saya harus lebih selektif memilih kegiatan untuk sementara waktu demi fokus kepada my baby yang memang masih perlu waktu ekstra dari sang Bunda ;)

Salam,

Febby Rudiana
One of TDA Founders
* CU...on Saturday Morning ;)

No comments: