Friday, September 07, 2007

PEAK SEASON

Kalau di hotel & penerbangan ada istilah peak season, yaitu musim atau saat-saat dimana banyak pengunjung atau penumpang. Maka, di dunia usaha retail fashion juga ada peak season ini. Bulan menjelang lebaran saat ini adalah salah satunya.

Beberapa hari yang lalu saat saya menelpon karyawan saya di toko, ehh...dianya malah bilang, "Ibu jangan telpon dulu ya, nanti aja, tokonya lagi rame nih!"

Saya tersenyum dan segera menutup telpon. Ya..., sudah dari awal bulan ini toko sangat ramai pengunjung. Kalau melihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kenaikan pengunjung ini bisa meningkatkan omzet antara 5-10x lipat dibanding bulan-bulan biasa.

Ada rasa senang sekaligus khawatir bagi saya saat ini. Mengapa? Kalau biasanya toko ramai masih bisa dihandle oleh karyawan saya, saat ini sepertinya dia sudah mulai kewalahan. Meski belum dikatakan, tapi saya bisa melihatnya dari banyaknya pengunjung yang loss buying (tidak jadi membeli karena belum sempat terlayani).

Hal ini membuat saya berpikir untuk menambah lagi personil di toko untuk membantu karyawan saya tersebut. Untuk penambahan karyawan ini saya lebih senang menggunakan yang temporary saja. Jadi, menghire karyawan tambahan hanya selama peak season ini saja. Karena pemasukan toko yang masih fluktuatif sifatnya, kalau saya harus menambah karyawan tetap, akan sangat berdampak pada fixed cost (pengeluaran tetap setiap bulannya). Nah, masalahnya sampai saat ini saya belum menemukan formula yang pas berapa besarnya untuk membayar honor karyawan tambahan ini. Mengingat ia hanya bekerja selama 1 1/2 bulan sampai sebelum hari raya.

Ada yang bisa membantu?

Salam,

Febby Rudiana

No comments: