Thursday, August 30, 2007

Menggali Niche dari HOBI

Ada 3 hal kunci menurut Bob Sadino dalam memenangkan pasar:
1. Be The First
2. Be The Best
3. Be Different

Be The First, Jadilah yang pertama. Bob Sadino & pendiri Aqua adalah sebagian contoh dari orang-orang pertama yang bergelut di bidangnya. Menjadi orang pertama yang menemukan sekaligus memasarkan bidang usaha baru adalah suatu hal yang sulit tapi bisa berdampak kesuksesan besar apabila ditekuni dengan baik.

Be The Best, Jadilah yang Terbaik. Apabila menjadi yang pertama sulit bagi Anda, maka jadilah yang terbaik di bidang yang Anda usahakan.

Be Different, Jadilah berbeda/unik. Apabila menjadi yang terbaik juga sulit bagi Anda, maka jadilah berbeda atau temukan keunikan dari usaha Anda.

Seringkali orang bingung dalam menentukan bisnis apa yang akan ditekuninya. Atau sering sekali orang tidak sadar bahwa hobi yang selama ini dilakukan bisa mendatangkan keuntungan, bukan hanya pengeluaran semata.

Berbicara mengenai memulai usaha dari hobi, saya teringat dengan Mas Jonru, penulis www.PenulisLepas.com. Mas Jonru ini akhirnya menemukan dunia usaha yang dicari-carinya selama ini yang ternyata adalah dunia hobi yang sudah dilakukannya setiap hari, yaitu dunia tulis menulis. Selamat ya Mas Jonru....

Memulai usaha dari hobi ini enaknya adalah Anda akan sangat mencintai & menikmati apapun yang Anda lakukan dengan usaha Anda. Bahkan mungkin ketika Anda harus menghabiskan sebagian besar waktu & tenaga untuk usaha tersebut, maka Anda tetap akan merasa senang & tidak tertekan. Bahkan ketika usaha tersebut ternyata belum menghasilkan seperti yang Anda inginkan, maka Anda akan berupaya keras dan kreatif untuk mencari solusinya.

Pertanyaannya, bagaimana memadukan hobi Anda dengan permintaan pasar. Kalau memang usaha Anda itu ada peminatnya (ada pasarnya) bagus, bagaimana kalau tidak? Jawabnya, Anda bisa menciptakan pasar tersebut atau Be The First kalau menurut Om Bob. Atau bisa jadi Anda belum tahu kalau usaha Anda itu ada peminat atau pasarnya. Bagaimana bisa tahu kalau belum dicoba?! :)

Menarik kisah perjalanan usaha Bunda satu ini yang sengaja saya jadikan contoh di tulisan saya kali ini. Bunda Faris telah menemukan suatu niche yang ternyata tidak jauh dari hobinya. Bisnis kursus ketrampilan sebenarnya sudah lama ada. Tapi, ada berapa banyak kursus membuat boneka kertas Jepang di Indonesia? Saya rasa masih bisa dihitung dengan jari. Peminatnya ternyata juga cukup banyak. Saya pribadi dulu pernah menjadi salah satu "course hunter" alias pemburu kursus ketrampilan sekedar untuk hobi dan mengisi waktu luang. Sekali kursus nggak murah juga loh...saya juga heran koq saya senang-senang aja ya... :)

Menariknya lagi, Bunda ini sudah mengemas usaha kursus boneka jepangnya ini via online. Coba lihat www.dievascraft.com, suatu hal yang funtastis dari segi pengenalan & pemasaran usahanya. Berbeda dari kursus-kursus yang dulu sering saya ikuti, hanya dipasarkan lewat iklan baris di tabloid atau majalah.

Di luar negeri, bidang usaha kursus yang diperkenalkan dan dipasarkan via online sudah sangat lazim dan banyak sekali jumlahnya. Seorang pelatih senam kebugaran & pelatih taripun membuat website untuk memperkenalkan diri & usaha senamnya. Banyak sekali member senamnya atau murid-murid tarinya mengetahui tempat senam & tarinya dari internet.

Nah...kalau Anda masih bingung juga mau usaha apa saat ini, coba lihat kembali diri Anda. Apa yang Anda sukai dan apa yang sering Anda lakukan selama ini? :) Apakah Anda sudah menemukan niche Anda? Selamat ya....

Salam,

Febby Rudiana
www.Alif-Collection.com

Ps. Selamat juga buat Bunda Faris & Mbak Eka Pernik Unik. You've got the niche.

Saya lampirkan cerita Bunda Faris sesuai email yang dituliskannya melalui Bunda in Biz. Simak ceritanya berikut ini:
*************************************************************************************
Dieva's Craft ada di Peluang Usaha

Kemarin Minggu, tiba2 HP saya sering banget bunyi padahal biasanya sunyiiii.
Saya juga heran, kebanyakan menanyakan kursus boneka Jepang. Ternyata selidik punya selidik, mereka telp setelah baca info kursus di tabloid peluang usaha.

Penasaran saya dan suami akhirnya malam senin keluar, cari tabloidnya.
Eh bener saya (boneka saya sih) ada di kolom khusus mengulas kursus. Memang yang dibahas bukan kursus saya saja. Tapi yg bikin bangga gambar yang di attach adalah boneka Jepang Saya (banggga nih!)

Maka sibuklah saya di bulan Sept, rencananya mau istirohat buat puasa, eh malah dapet panggilan kursus privet. Duh :))

Saya mau sharing buat bunda semua, saya mengeluti boneka Jepang ini sebagai hobi awalnya. Semula keluarga saya tdk mengamini, menurut mereka ini hobi yang mahal.
Apalagi teman2 saya menertawakan, pikir mereka siapa sih yang mau bisnis atau kursus boneka kayak gini, mahal susah lagi. Coba ke ps Pagi Asemka 11ribu dapet boneka berbie, bagus lagi.

Tapi karena saya keras kepala, saya cuek aja, ke bulatan tekat saya (entah dilihat dari mana kok bulat) saya nekat belajar... dan belajar. Butuh waktu satu tahun, saya byk gagal, saya rugi waktu dan uang.

Dan saya skrg sudah bisa tersenyum, keluarga mendukung 100%, teman2 saya skrg, mulai mengenal saya sebagai Catur si 'boneka Jepang', saya anggap panggilan itu apresiasi atas apa yg saya lakukan.

Bunda, kadang kita bingung mau usaha apa kan? coba deh gali apa yg menjadi minat dan hobi bunda, klo kita seriusi semua pasti hasilnya bagus.
Bagi saya sendiri, mengeluti hobi ini, klo untung ya syukur, klo rugi, ya tidak rugi2 amat krn ini hobi saya, hasrat saya.
Memang belum sehebat Simply-Idea sih atau bisnisan Bunda yang lain, tapi semua kan harus ada awalnya bukan?

Ayo Bunda, kita semua pasti bisa, karena kita Bukan Bunda Biasa!!

Salam

Bunda Faris
http://www.dievascraft.com
*************************************************************************************

No comments: