Thursday, January 17, 2008

Tidak Bisa atau Tidak Mau

Saya pernah meminta salah satu karyawan saya untuk ke Bank. Karyawan ini, sebut saja A, memang sebelumnya tidak pernah saya beri tugas untuk ke Bank. Biasanya tugas ini dilakukan oleh B, karyawan yang lain. Saya pikir tidak ada salahnya kali ini meminta A untuk melakukan tugas itu, apalagi B sedang ada pekerjaan yang lain. Toh...ini bukan hal yang sulit.

Tapi, apa jawab A? "Yah...Ibu...kenapa saya? Kan biasanya B yang melakukan? Saya tidak bisa Bu kalau ke Bank". Saya memandangnya, benar tidak bisa? Lalu A menjawab, kalau ke Bank antri Bu... Ahhh...akhirnya saya tahu, bukan ia TIDAK BISA tapi... TIDAK MAU.

Tidak Bisa & Tidak Mau punya pengertian yang berbeda. Kalau tidak bisa, maka kita masih bisa bertanya atau belajar pada orang lain yang tahu atau bisa melakukannya. Tapi, kalau "TIDAK MAU" maka kita menutup semua kemungkinan yang ada. Jangankan untuk "take action" atau melakukan hal itu, memikirkannya saja sudah malas.

Sebagai seorang karyawan, hal ini tentunya sangat merugikan. Lama-lama atasan akan melihat kalau karyawan ini tidak capable atau tidak bisa diberi tanggung jawab lebih. Akhirnya, kesempatan untuk promosi, naik gaji, ataupun bonus bisa jadi batal.

Hmm...saya jadi teringat saat masih menjadi karyawan dulu. Memang terkadang keengganan itu muncul saat menerima tugas atau tanggung jawab di luar kebiasaan kita. Tapi, tatkala kita menerima & melaksanakannya dengan baik, ternyata hal itu menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan. Otomatis nilai sebagai karyawanpun menjadi naik.

Salam,

Febby Rudiana

No comments: