Monday, January 21, 2008

RICH WOMAN

Hanya Wanita yang Tahu Dunia Wanita
Hanya Wanita yang Tahu Masalah Wanita
Hanya Wanita yang Tahu Perasaan Wanita
Hanya Wanita yang Tahu Solusi bagi Wanita

Kali ini saya hanya ingin menulis sedikit ringkasan setelah saya membaca buku RICH WOMAN karya Kim Kiyosaki yang saya beli minggu lalu. Buku ini saya rekomendasikan untuk dibaca para wanita khususnya bagi mereka yang ingin mandiri secara finansial.

Seperti ungkapan yang tepat di bawah ini:
"Jika kau mendidik seorang lelaki, kau mendidik seorang manusia; jika kau mendidik seorang perempuan, kau mendidik sebuah keluarga."

Tidak jauh berbeda dari buku Rich Dad karya Robert Kiyosaki, buku Rich Woman ini juga berbicara tentang investasi dan beberapa point yang selama ini mungkin menghambat wanita untuk tidak melakukannya. Dari awal sampai akhir buku ini menyenangkan dan mudah untuk dipahami. Membacanya seperti membaca sebuah novel :)

Buku ini dimulai dari kisah persahabatan Kim dan beberapa teman kampusnya, Janice, Pat, Martha, Tracey, dan Leslie. Masing-masing memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda, tapi memiliki masalah yang sama kalau sudah berhubungan dengan kata investasi. Dengan cara melakukan reuni bersama kelima temannya itu, Kim berhasil meyakinkan mereka untuk mau memulai belajar berinvestasi. Baik bisnis, investasi, atau apapun adalah sebuah proses. Dan dibalik proses menuju keberhasilan selalu menuntut adanya pengetahuan dan pengalaman.

Buku yang terdiri dari 24 Bab & 268 halaman ini cukup detail memberikan jawaban-jawaban atas masalah wanita bila berhubungan dengan investasi. Meski sebenarnya masalah ini bukan hanya dominasi kaum wanita, karena pria juga sering mengalaminya. Beberapa alasan atau hambatan yang sering diungkapkan wanita, yaitu:
1. Tidak punya cukup waktu
2. Tidak cukup pintar
3. Tidak punya uang
4. Pasangan tidak mendukung

Disamping itu, Kim juga menyampaikan beberapa kelebihan wanita dalam hal ini, yaitu:
1. Wanita tidak takut untuk berkata, "Aku Tidak Tahu".
2. Wanita Bersedia Minta Tolong
3. Wanita adalah Tukang Belanja yang Andal
4. Wanita Mencari Tahu Apa yang Perlu Diketahui
5. Wanita Tidak Suka Mengambil Resiko. Kalau toh harus mengambilnya, perempuan akan mempelajarinya & mempersiapkannya lebih detail.
6. Ego Wanita Jauh Lebih Kecil.
7. Wanita itu Pengayom, sehingga ia akan merawat apapun investasi mereka.
8. Wanita Belajar dengan Baik dari Wanita Lain.

Kali ini saya akan langsung menuju ke bab 20, yaitu 4 kunci pertama untuk menjadi investor sukses.
1. Persenjatai Diri dengan Pengetahuan.
Banyak cara untuk belajar. Bisa melalui membaca buku, mendengarkan CD, menonton VCD pembelajaran, mengikuti workhshop, training, seminar, belajar bersama kelompok yang sevisi, belajar dari pelaku langsung/mentoring, sampai mencobanya langsung.
2. Mulailah dari yang Kecil.
Selama proses belajar tentunya kemungkinan melakukan kesalahan akan sangat besar. Jadi, lakukan kesalahan dengan sejumlah kecil uang. Selalu pelajari prinsip-prinsip dasarnya. Jangan berharap untuk langsung mendapat kesuksesan dalam usaha pertama. Ini proses belajar sembari jalan.
3. Pertaruhkan Sedikit Uang
Seseorang belum dikatakan sebagai investor apabila ia belum mempertaruhkan uangnya sendiri. Ini adalah sebuah permainan. Jadi, bisa menang ataupun kalah. Dengan mempertaruhkan sedikit uang, berarti sedikit pula kemungkinan resikonya. Sebaliknya, banyak uang bisa berarti banyak resiko. Hal ini berlaku khususnya dalam memulai investasi yang baru dipelajari.
4. Dekat dengan Rumah
"Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau". Ini sebuah ungkapan yang tepat. Seringkali orang tertarik berinvestasi di tempat-tempat baru atau hal-hal baru yang menjanjikan, padahal belum tentu ia tahu detail tentang tempat atau hal tersebut. Saran Kim dalam hal ini sangat saya sukai :)
"Tidak Peduli kalian baru saja mulai atau merupakan investor berpengalaman, aku selalu menyarankan untuk tetap dekat dengan rumah. Apa artinya? Artinya, tetap berpegang pada sesuatu yang kalian ketahui."

Selanjutnya, Kim memaparkan 5 kunci lagi untuk menjadi investor sukses. Kesemuanya ada dalam Bab 21 buku Rich Woman. Lain waktu akan saya coba tuliskan lagi di blog ini.

Salam,

Febby Rudiana





No comments: