Wednesday, December 12, 2007

LOKASI...LOKASI...LOKASI...

Assalamu'alaikum,

Maaf....kalau ada yang menunggu update di blog ini. Beberapa Minggu ini, saya harus menyelesaikan beberapa pekerjaan sebelum tutup tahun.

Kali ini saya ingin menulis beberapa tips menyangkut lokasi usaha. Tips ini saya dapatkan dari buku Pak Juju' (H.M. Ambaldy Djuardi) dan saya tambahkan sedikit dari pengalaman pribadi. Tips ini sangat bermanfaat. Tentunya, kita tidak mau bukan, kalau di tengah-tengah usaha yang mulai sedikit menguntungkan, tiba-tiba saja pemilik tempat berubah pikiran.


Lokasi usaha yang strategis memang selalu dicari banyak pelaku usaha. Karena dengan lokasi yang strategis tentunya diharapkan akan mendapatkan banyak pengunjung. Ada beberapa cara menguasai tempat yang strategis. Yaitu:
1. Dengan cara kontrak
2. Dengan cara kompromi
3. Dengan cara kerjasama
4. Dengan cara membeli tempat tersebut.

Dari keempat cara tersebut, idealnya adalah kalau bisa memiliki/membeli lokasi usaha yang strategis tersebut. Karena harga property atau lokasi usaha yang strategis pasti akan naik setiap tahunnya. Tapi, bagaimana kalau saat ini kita masih belum punya cukup dana? Atau kalau toh ada dana, lebih untuk kebutuhan operasional usaha.

Kalau demikian mungkin salah satu cara di bawah ini bisa membantu.

Kuasai Tempat Yang Strategis Dengan Cara Kontrak
Sebelum mengkontrak suatu tempat usaha, pandai-pandailah menawar harga kontrak. Tentunya mengetahui harga pasar dan bisa menghitung kondisi bangunan akan sangat membantu dalam negosiasi. Apakah perlu adanya perbaikan agar tempat tersebut menjadi layak atau sesuai untuk usaha kita?

Kalau bisa mengkontrak tempat dalam waktu 2 atau 3 tahun sekaligus tentunya akan lebih baik. Apalagi kalau bisa mendapatkan diskon dengan mengkontrak sekaligus untuk beberapa tahun. Tentunya harus diperhitungkan juga cara-cara pembayarannya. Misal, bayarlah dulu untuk 1 tahun, untuk tahun sisanya mintalah tempo 3 atau 4 bulan mendatang. Hal ini merupakan keringanan yang cukup besar, apalagi jika usaha di tempat itu bisa langsung jalan dan menguntungkan. Jadi, hasil keuntungannya bisa untuk menambah sisa uang kontrak yang belum terbayar.

Kuasai Tempat Yang Strategis Dengan Cara Kompromi
Kalau mengontrak sekaligus dalam satu atau beberapa tahun terasa berat bagi Anda, masih ada cara lain. Misal, Anda hanya mampu membayar kontrakan secara bulanan, sementara pemilik tempat tidak mau, lalu bagaimana?

Tentu saja Anda harus melakukan kompromi. Karena kompromi, maka masing-masing pihak harus mengurangi "tuntutannya" sekaligus saling memberi "keuntungan" baru. Disinilah meski sebagai penyewa, kita juga harus bisa memposisikan diri pada kepentingan pemilik tempat. Bicaralah secara baik-baik. Misal, Anda akan membayar lebih besar dalam hitungan per tahun, tetapi (sementara) pembayarannya dicicil per bulan.

Untuk cara ke-3 & ke-4 akan saya lanjutkan nanti ya....

Semoga bermanfaat...

Salam,

Febby Rudiana

No comments: