Wednesday, February 20, 2008

Tiga Jenis Pria = Tiga Jenis Investasi

Analogi yang saya sukai dari Kim Kiyosaki dalam bukunya "Rich Woman" adalah tentang "Tiga Jenis Pria & Tiga Jenis Investasi" :) Menurut Kim, ada 3 jenis pria di dunia ini. Yaitu, anak nakal, anak baik, dan pengecut.

Anak nakal adalah tipikal pria yang selalu menarik & penuh tantangan. Banyak perempuan tidak bisa menolak mereka. Mereka tidak membosankan, tapi juga tidak bisa diprediksi. Banyak perempuan tidak bisa menolak mereka, sehingga banyak juga yang patah hati dengan pria jenis ini.

Anak baik adalah tipikal pria yang selalu ada di saat dibutuhkan. Mereka adalah temanmu. Menyenangkan, tempat berdiskusi, dan tidak membuatmu pusing. Mereka mudah diprediksi. Mereka sangat menghormati pasangannya & sopan.

Terakhir adalah tipe pengecut. Mereka cenderung membosankan & tidak menarik. Mereka takkan memberimu kejutan. Mereka tidak meraih keberhasilan yang luar biasa dalam bidang apapun, karena mereka tidak mau melakukan hal-hal yang beresiko. Mereka tidak pernah meraih kesempatan. Mereka ingin segalanya nyaman dan stabil. Bagi mereka, hampir semua hal mengandung resiko. Kesimpulannya, mereka sekedar ada di dunia ini.

He..he...ini menurut Kim loh ya....;) But, maybe She's right. Lalu, apa hubungannya dengan investasi? Menurut Kim, investasi juga bisa dikategorikan dalam tiga jenis seperti halnya pria, yaitu anak nakal, anak baik, dan pengecut.

Investasi yang bisa dikategorikan dalam jenis investasi anak nakal biasanya berciri penuh tantangan. Perhatian penuh & terus waspada harus dilakukan dengan investasi ini. Tidak bisa lengah & investor harus terlibat penuh di dalamnya. Tidak bisa diprediksi & memerlukan sedikit kerja keras namun juga menawarkan imbalan yang sangat besar....hanya jika tahu cara menanganinya. Contoh investasi jenis ini adalah memulai sebuah Bisnis, perdagangan Saham harian, perdagangan Option, membangun Properti, dll.

Investasi anak baik tidak memerlukan perhatian sebanyak investasi jenis anak nakal. Meski demikian, ia juga tidak bisa tidak diperhatikan sama sekali. Cukup informasi juga diperlukan bagi investor yang ingin menanamkan uangnya di investasi jenis ini. Imbalannya takkan sebesar imbalan investasi anak nakal, tetapi resiko investasi itu juga kecil. Contoh investasi jenis ini adalah menjalankan bisnis yang sudah teruji running well, membeli saham untuk jangka panjang, membeli Option untuk jangka panjang, menyewakan properti, dll.

Terakhir investasi yang tergolong tipe pengecut biasanya berciri membosankan & tidak menghasilkan apa-apa atau menghasilkan sangat sedikit. Sama sekali tidak diperlukan waktu atau perhatian terhadapnya, karena sama sekali tidak memiliki resiko. Contoh investasi jenis ini adalah tabungan & reksadana.

Boleh setuju atau tidak setuju dengan apa yang disampaikan Kim. Intinya sih kembali kepada diri masing-masing dalam mengukur tingkat toleransi resiko & ketersediaan waktu yang bisa diluangkan dalam berinvestasi.

Salam,

Febby Rudiana


No comments: