Friday, June 29, 2007

Enakan Sewa atau Beli Kios?

Tulisan ini saya buat atas dasar pertanyaan beberapa teman TDA yang mulai berancang-ancang membuka kios/toko.

Alhamdulillah...saat ini saya sudah mulai memasuki tahun ke-4 membuka kios di Pulogadung Trade Center (PTC). Jangan salah dengan PGC ya.... Karena seringkali teman bahkan sopir taxi ketika saya bilang PTC, eh... bilangnya ohhhh....PGC yang di Cililitan itu kan :(

Pulogadung Trade Center (PTC) berlokasi di Jl. Raya Bekasi, Kawasan Industri Pulogadung (JIEP), Jakarta Timur. Kurang lebih 500 meter dari terminal Pulogadung ke arah Bekasi. PTC dibangun tahun 2003-2004 dengan pengelola PT. Nagaraja Lestari. PT. Nagaraja Lestari ini pemiliknya adalah suami istri, anak dari pemilik Grup Wings & Djarum. Kami (saya & Suami) mulai beli salah satu kios di PTC pada tanggal 12 April 2004. Waktu itu bangunan masih 1/2 jadi. DP saat itu 18 juta dicicil 3 kali (3 bulan).

Keputusan saya saat itu untuk membeli kios ketimbang sewa di tempat lain salah satunya karena buku-buku Robert T. Kiyosaki. Baca tulisan saya, Pelajaran dari Ray Kroc, pendiri McDonald's Disamping itu, pertimbangan saya pilih PTC karena lokasi yang tidak jauh dari rumah sehingga bisa lebih mudah dikontrol & letak PTC yang strategis (500m dari terimal pulogadung, dekat perkantoran & kawasan industri, juga perumahan penduduk).

Seiring berjalannya waktu, banyak pelajaran yang saya ambil dari keputusan saya tersebut, termasuk di dalam mengelola usaha & negosiasi. Saya sempat mengalami 2 tahun pertama tanpa hasil alias tekor terus. Usaha yang saya buka & diharapkan hasilnya bisa membantu untuk membayar cicilan kios, eh....malah tombok. Jangankan untuk membayar cicilan kios, untuk biaya operasional (operational cost) kios saja nggak bisa. Tapi, saya berusaha bertahan. Alhamdulillah....sampai saat ini sudah memasuki tahun ke-4 usaha saya di PTC.

Beberapa kios saya:

1. Alif Collection (Grosir & Eceran Sprei, bed cover, selimut, handuk)

2. Alif Cellular (Jual Beli HP, voucher, aksesoris)
Toko Alif Cellular ini sempat bertahan 2 tahun & cukup menghasilkan, namun harus ditutup & saya tukar dengan kios No.4 (kios Bibo di bawah). Ada beberapa sebab, mungkin next time saya tulis.

3. Alif Collection (Fashion ABG & Dewasa)

4. Bibo Collection (Fashion Anak)
Ini gambar toko saya yang paling baru, Bibo Collection

Eh...foto kios Alif Collection kelupaan :( Nanti deh saya foto dulu....

Kalau ditanya, enak mana sewa atau beli Kios? Jawabannya... TERGANTUNG.
Ya, tergantung tujuan Anda apa dulu? Mau dagang atau investasi.

Kalau tujuan Anda mau investasi di property kiosnya, ya....silahkan BELI. Kalau Anda mau beli kios di mall/trade center, belilah saat masih dibangun atau baru jadi. Enaknya, Anda akan mendapat harga lebih murah. Setiap tahun, harga kios terus naik. Saya saja yang membeli kios selisih 3 bulan lebih lambat ketimbang tetangga depan kios saya, beda 10 juta lebih mahal dibanding tetangga saya, untuk ukuran kios yang sama. Kalau ngomong soal investasi, tentu ada resikonya donk.... Ya, resikonya, karena mall/trade center itu masih baru, tentunya belum ramai. Jadi, siap-siap saja untuk menyediakan duit nganggur sekitar 2-3 tahun sebelum Anda bisa mendapat hasil dari kios yang Anda beli tersebut.

Hal ini bisa tidak berlaku, dalam arti Anda bisa langsung menikmati keuntungan dari kios Anda, untuk beberapa kasus:
1. Anda berhasil membuat usaha yang tidak mengandalkan traffic pengunjung. Jadi, mau mall sepi atau ramai tidak masalah bagi Anda. Karena usaha Anda tidak bergantung dari banyaknya pengunjung yang datang. Nah....tinggal pintar-pintarnya Anda mendapatkan usaha jenis ini.
2. Anda berhasil mendapatkan penyewa yang tertarik dengan kios Anda. Dengan catatan, ini biasanya berhasil kalau letak kios Anda sangat-sangat strategis (biasanya di lantai dasar atau lokasi khusus atau dekat supermarket besar yang sudah buka).

Nah, kalau tujuan Anda DAGANG, pilihan untuk menyewa kios/counter/toko di tempat yang sudah jadi/ramai adalah pilihan yang lebih baik. Biasanya Anda akan langsung bisa menikmati hasil dari usaha Anda di kios tersebut. Tentunya, tempat seperti ini harga sewanya relatif mahal donk... NO PROBLEM, kalau Anda yakin bisa mengkonversinya menjadi omzet (plus profit) yang menjanjikan. Lagi-lagi ini butuh survey juga test & measure. Sering-seringlah bertanya kepada sesama pedagang yang sudah buka di tempat tersebut.

Jadi...mau sewa atau beli kios? Ya....terserah 7-an Anda & budget Anda tentunya.

Salam,

Febby Rudiana

Ps. Kita Takut karena kita tidak tahu. Kita Bisa karena kita Biasa.

2 comments:

ufekazalie said...

Terima Kasih telah berbagi pengalaman dengan saya, kami. sangat bermanfaat di saat saya butuh pendapat untuk berusaha. salam.

ufekazalie said...

Terima Kasih telah berbagi pengalaman dengan saya, kami. sangat bermanfaat di saat saya butuh pendapat untuk berusaha. salam.